infokan ke teman jika blog ini bermanfaat :)

Monday 11 May 2015

STOP..! JANGAN MASUKKAN ANAK KE SD SEBELUM MENGINJAK USIA 7 TAHUN


Image result for anak sd
Image result for anak sdPada usia 4-6 tahun, anak tidak hanya akan membangun fondasi untuk belajar masa depan, tetapi juga mulai mengembangkan keterampilan sosial karena mereka membuat teman-teman baru. Orangtua berharap pada usia tersebut, anak dapat melakukan pencapaian tahapan perkembangan secara fisik, intelektual dan emosional.
Perkembangan tersebut mempengaruhi perilaku anak dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Sangat tepat jika anak diberikan banyak kesenangan melalui bermain dan diikuti dengan edukasi pada porsi anak tersebut.
Banyak orangtua yang kurang mengerti dalam memberikan pendidikan anak mereka. Misalkan, orangtua enggan mendaftarkan anak mereka di TK melainkan lebih senang jika anaknya langsung didaftarkan di bangku sekolah dasar padahal usianya baru menginjak 6 tahun. Sudah ada ketentuan bahwa batas minimal masuk sekolah dasar adalah 7 tahun. Banyak alasan orangtua mulai dari biaya yang gratis sampai dengan diberikan janji fasilitas seperti antar jemput anak dan seragam gratis. Bahkan beberapa orangtua rela anaknya tidak naik kelas asalkan dapat diterima di SD. 
Mengingat sumber dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang diterima di sekolah formal seperti SD,SMP, dan SMA cukup besar, di beberapa sekolah dasar dapat dijadikan sebagai alat untuk memperoleh peserta didik sebanyak mungkin tanpa memperhatikan tingkat kognitif dan usia pra-operasional sekolah. Hal ini dimaksudkan agar semua guru yang bersertifikat pendidik memenuhi rasio 1 : 15 agar tunjangan sertifikasinya dapat cair.
Seharusnya anak di usia tersebut tidak dibebani dengan mata pelajaran. Akan tetapi orangtua dapat memberikan pendidikan melalui permainan, nyanyian, tarian sederhana dsb yang dapat mengacu pada fisik motorik mereka, sehingga perkembangan anak di usia tersebut dapat lebih optimal.
Usia 4-6 tahun disebut juga usia emas. Hal ini sangat penting apabila anak pada usia tersebut salah dalam mendidik dan memberikan edukasi bukan pada porsinya akan berpengaruh di masa depannya. Pada rentang usia emas ini harus dilakukan berbagai kegiatan agar rentang waktu ini tidak terlewat dengan sia-sia. 
kegiatan yang tepat di usia emas ini dapat dilakukan dengan mengikutkan anak di lembaga pendidikan anak usia dini/ TK yang saat ini telah banyak diselenggarakan di masyarakat. Tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan informal yang berfungsi menggali potensi anak yang belum nampak dengan pengembangan pembelajaran dengan menekankan pada aktivitas gerak. Anak yang aktif secara fisik memiliki kesempatan lebih baik dibandingkan anak yang tidak aktif.

Image result for semoga bermanfaat